Posted by: schariev | January 29, 2009

Hilal, Bulan Bintang, dan Rub al Hizb

chile-conte-mosque-195943893_66be779dd4_o

“Islam itu penyembah bulan, lihat saja pada setiap masjid, di atasnya pasti ada lambang bulan sabit!” ketus seseorang dalam blog anti agamanya. Subhanallah, ternyata Allah juga menciptakan manusia bodoh seperti ini. Di puncak atap masjid kebanyakan memang menggunakan lambang bulan sabit ini. Hal ini ditujukan untuk menandai bahwa bangunan ini adalah masjid, dilindungi oleh orang islam atau milik islam. Sejarahnya bermula pada saat dinasti Usmaniah. Dinasti ini memang menggunakan lambang bulan sabit sebagai lambang kesultanannya. Mengingat bahwa bulan memiliki peran yang sangat penting bagi pelaksanaan ibadah dalam agama islam, perhitungan kalender Hijriyah menggunakan bulan sebagai acuannya. Sebenarnya bulan sabit yang dimaksud adalah hilal, sebagai tanda awal bulan. Tanda ini memiliki makna permulaan awal yang baru dan mengingatkan kaum muslim akan peristiwa hijrah. Tetapi arti yang paling konkrit dari tanda ini pada jaman kekaisaran Usmaniah dulu adalah bahwa bangunan yang terdapat lambang bulan sabitnya berarti dilindungi oleh Kesultanan Usmaniah. Bukan hanya masjid saja yang memiliki lambang bulan sabit ini. Sampai sekarang kita dapat melihat gedung parlemen Mesir, beberapa gereja di Libanon dan Kairo, gedung sekolah, pasar, istana dan gedung lainnya di Turki masih menggunakan lambang bulan sabit pada puncak atap atau gerbangnya. Lalu bagaimana dengan masjid yang sampai sekarang masih menggunakan lambang bulan sabit walaupun berada di luar wilayah kekaisaran Usmaniah? “Sudah terlanjur kebiasaan”, tiga kata yang paling tepat untuk menjelaskan ini. Saking banyaknya masjid yang menggunakan lambang bulan sabit pada jaman kekaisaran Usmaniah, membuat masyarakat muslim lainnya mengikuti trend ini. Dan akhirnya lambang bulan sabit dikonversikan menjadi lambang islam.

Menjawab pernyataan orang sesat di atas, kalau orang islam menyembah bulan, Kenapa nabi Muhammad menghancurkan semua patung dewi Bulan? Kalau ada yang menyebut kalau Allah itu dewi bulan, hendaknya orang tolol ini melihat sejarah dulu. Dulu orang jahiliyah beriman kepada Allah dan JUGA dewi-dewi bulan, inilah arti dari menyekutukan Allah. Artinya orang musyrik pun sudah mengerti kalau Allah itu berbeda dengan dewi-dewi bulan mereka: Latta, Uzza dan Manat. Kalau dia menganggap islam pemuja bulan, kita bisa menyebutkan kalau orang kristen memuja tiang kematian, orang budha menyembah roda, orang yahudi menyembah gunung Thur dan Zion, Orang Sikh menyembah pedang, orang shinto menyembah gapura, orang advent menyembah lilin, dan orang hindu menyembah trisula.

Sebenarnya dulu lambang islam hanya kalimat syahadat. Tetapi sekarang lambang bulan sabit dan bintang , lambang hilal, dan bintang delapan ikut menghiasi tanda-tanda islam. Lambang hilal digunakan sebagai penanda masjid di daratan Timur Tengah, Afrika dan Eropa. Lambang bulan sabit dan bintang digunakan di Asia Selatan dan Tenggara. Lalu bagaimana dengan lambang bintang delapan?

Rub al Hizb, nama dari bintang delapan ini. Hasil dari perputaran geometri bujur sangkar. Rub al Hizb memiliki makna Alquran. Pada Alquran terdapat 30 Juz. Setiap Juz memiliki dua Hizb yang masing-masing Hizb memiliki empat Hizb lainnya. Jadi jumlah Hizb pada setiap Juz adalah delapan. Arti lain dari lambang ini adalah pengaplikasian Alquran dalam berdakwah, menyebarkan islam ke delapan penjuru arah mata angin. Lambang ini dapat kita lihat hampir di setiap masjid besar seperti Masjidil Haram, Nabawi, Sultan Hasan II dan banyak masjid lainnya. Lambang ini terdapat hampir di semua masjid berarsitektur modern di dunia seperti banyak terdapat di Indonesia dan Malaysia. Bentuknya yang unik dan indah membuat lambang ini selalu menjadi ornamen penting pada setiap hiasan masjid di dunia.


Responses

  1. #^_^#

    Great !

  2. amazing..

  3. Siph bged Kak , artikelnya!!!
    di.awal pragaf aj uda menarik puolll…!!!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: