Posted by: schariev | January 29, 2009

The Future Of Al Haram

Maket Perluasan Masjidil Haram

Maket Perluasan Masjidil Haram

Seperti inilah gambaran tentang Masjidil Haram di masa yang akan datang. Menurut rencananya proyek ini akan rampung pada tahun 2012 nanti. Tempat Sa’i atau yang sering disebut dengan Mas’a akan diperluas hingga mampu menampung ratusan ribu jemaah dalam satu waktu. Jumlah lantainya akan ditambah hingga 4 lantai. Ternyata bangunan Raja Fahad saja tidak cukup untuk menampung seluruh jemaah, oleh karena itu antara gerbang Yamani sampai Marwah akan dibangun ruas masjid baru yang memiliki 4 lantai. Untuk memenuhi cita-cita Pelayan Tanah Haram (King Abdul Aziz) yaitu membuat Masjidil Haram mampu menampung dua juta jamaah dalam satu waktu, maka sekarang perluasan ini sedang dijalankan. Pasar seng dan hotel kecil sekitar masjid pun dibabat habis demi terbangunnya masjid terbesar di dunia ini.

Thawaf dengan monorail? Melempar Jumrah dengan monorail? Memang lebih mirip dengan khayalan. Tetapi inilah yang akan dibuat oleh pemerintahan Saudi Arabia. Nanti kalau ada orang yang mau melempar jumrah, tinggal membuka jendela kereta saja dan melempar jumrahnya tanpa harus berjalan dan berdesakan. Kalau thawaf mengelilingi Ka’bah tinggal duduk saja dan melambaikan tangan pada Hajar Aswad pada saat melewatinya, tidak harus thawaf di lantai dua dan tiga yang jauhnya ga keitung. Kadang-kadang saya sangat terheran dan takjub. Ternyata orang islamlah yang pertama kali memasuki dunia futuristik.


Responses

  1. Subhanallah, ya Allah tiada kata yang terucap kecuali Allahlah yang maha besar dan yang menciptakan Masjidil Haram dengan penuh pesona. Labbaik Allahumma Labbaik.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: