Posted by: schariev | February 3, 2009

Custodio de Las Dos Sagradas Mezquitas, masjid terbesar di Amerika Selatan

Masjid Rey Fahd di Palermo Argentina

Masjid Rey Fahd di Palermo Argentina

Masjid ini terletak di ibukota Argentina, Buenos Aires. Tepatnya di distrik sebelah selatan yang bernama Palermo. Di atas lahan seluas 38 ribu meter persegi atau 3,4 hektar, masjid kebanggaan muslim Argentina ini berdiri dengan megah. Luas keseluruhan bangunannya saja mencapai 25 ribu meter persegi atau setara dengan 2,5 hektar. Custodio de Las Dos Sagradas Mezquitas memiliki luas yang melebihi Gereja Kathedral Utama di kota Buenos Aires. Arsitektur bangunan masjid ini bercorak Arab Modern dan Eropa. Arsitek masjid didatangkan langsung dari Arab Saudi. Dalam proses pembangunannya, mereka bekerja sama dengan arsitek dari Argentina dan Eropa.

Masjid yang sering disebut dengan nama Masjid Rey Fahd ini memiliki sebuah aula utama masjid yang bisa menampung sampai 10 ribu jemaah, dua sekolah Islam, sebuah perpustakaan, sebuah museum yang terletak di lantai bawah tanah, penginapan yang disediakan bagi para musafir muslim, serta taman dan lahan parkir yang luas. Penjaga masjid ini berjumlah 30 orang. Uniknya, mereka memakai dasi dan jas layaknya penjaga keamanan di gedung parlemen. Imam Masjid Rey Fahd didatangkan dari Arab Saudi. Semua biaya operasional masjid pun ditanggung oleh Kerajaan Arab Saudi.

Carlos Saul Menem yang merupakan Presiden Argentina pada saat itu mempelopori pendirian masjid di ibukota Argentina ini. Beliau memberikan sebidang tanah yang tidak terpakai pada Kerajaan Arab Saudi untuk dibanguni sebuah masjid. Pembangunan masjid di daerah tersebut menuai banyak kontroversi dari masyarakat sekitar. Tetapi pada akhirnya mereka harus mengakui bahwa masjid raksasa ini sekarang menjadi ikon baru yang membawa banyak keuntungan bagi kota Buenos Aires. Dulu lahan tersebut sering dijadikan tempat pembuangan sampah yang menghasilkan bau yang tak sedap dan mendatangkan banyak penyakit. Tempat itu juga dulunya merupakan tempat gelandangan dan wanita tuna susila. Kini masjid tersebut menjadi pusat kegiatan warga muslim di Argentina. Karena kemegahan dan keindahannya, Masjid Rey Fahd sering juga menjadi objek wisata para turis mancanegara.

Muslim Argentina berjumlah 900 ribu jiwa. Sebagian besar merupakan imigran asal Timur Tengah dan Asia Selatan. Mereka menetap di sini sejak tahun 1960-an. Separuh dari total penduduk Muslim Argentina tinggal di Buenos Aires. Carlos Menem sendiri merupakan imigran asal Syria yang menjabat menjadi Presiden Argentina pada tahun 1989 – 1999. Pada awalnya beliau adalah seorang muslim, tetapi kemudian terpaksa memeluk Katholik karena Peraturan Pemerintahan Argentina pada saat itu yang mensyaratkan seorang Presiden untuk beragama Katholik. Akhirnya Carlos Menem pindah agama menjadi Katholik menjelang pemilihan Presiden. Berbeda dengan Menem, istrinya sendiri, Zulema Fatima Yoma, memilih untuk tetap beragama Islam. Carlos Menem berhasil memimpin Argentina keluar dari inflasi dan memajukan perekonomian negara.


Responses

  1. Masya Allah….


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: