Posted by: schariev | February 3, 2009

Fakta-fakta Mengenai Obat

Interaksi antara obat dan pasien dipengaruhi kecocokan antara keduanya, kadang banyak orang yang selalu bertanya obat apa yang paling bagus, tentu saja jawabannya adalah obat yang paling cocok bagi si pasien, bukan obat yang paling mahal atau terkenal. Ada saatnya pesien akan lebih mudah sembuh dengan obat generik ketimbang obat lainnya.

Terdapat beberapa perbedaan mendasar antara obat generik dan bermerek. Obat generik adalah obat yang memiliki satu kandungan zat berkhasiat saja sesuai dengan nama obatnya, contoh Acetaminophen 500mg berarti obat generik ini memiliki kandungan acetaminophenum 500mg ditambah zat pengisi dan pembentuk tablet atau pembentuk sediaan lainnya. Sedangkan pada obat paten atau bermerek, contohnya Panadol 500mg, artinya obat paten ini memiliki kandungan 500mg beserta zat pengisi dan pembentuk tablet PLUS vehicle yang menjadi hak paten perusahaan. Vehicle adalah ‚kendaraan‘ obat dalam mencapai titik sakit. Inilah yang paling membedakan antara obat generik dan obat paten, vehicle nya. Bisa dijabarkan seperti ini, kalau obat generik berjalan kaki untuk mencapai titik sakit, obat paten mengendarai sepeda motor bahkan mobil balap untuk mencapai titik sakit.

Kadang-kadang dokter memberikan obat pada pasiennya dengan jumlah lebih dari satu macam. Ada satu kasus, disaat dokter memberikan obat paten dengan jenis berbeda pada pasien tersebut, pasien itu tidak mendapatkan kesembuhannya. Tetapi ketika dokter itu memberikan obatnya dalam bentuk generik, pasien itu malah sembuh. Hal ini disebabkan oleh ‚tabrakan vehicle‘ pada saat pesien tersebut meminum banyak jenis obat paten. Tetapi ‚tabrakan‘ tidak mungkin terjadi pada obat generik yang memang tidak memiliki vehicle, jadi sesama obat generik ini tidak „bertabrakan“, dan akhirnya pasien ini sembuh karena obat dapat terserap maksimal.

Beberapa obat dapat menimbulkan resistensi apabila dikonsumsi terus menerus, hal ini lebih mengerikan dari ketagihan. Kalau ketagihan, dosis obat tidak perlu dinaikkan, kalau terjadi resistensi, dosis obat wajib dinaikan untuk mengatasi kekuatan penyakit yang lebih besar akibat kebal pada dosis sebelumnya. Biasanya penyakit akan mengalami resistensi pada antibiotik dan beberapa obat lainnya apabila digunakan terus-menerus.

Obat memang sebaiknya dimakan sesudah makan (post coenam), kecuali beberapa obat saluran pencernaan, tetapi masyarakat kita sudah terdoktrin oleh fatwa ini, bahwa semua obat harus dimakan setelah makan. Padahal banyak obat yang aman dikonsumsi tanpa harus makan dulu.

Kita dapat mengonsumsi obat modern dan obat tradisional pada hari yang sama, asalkan jarak pengonsumsiannya berjarak 4 jam.

Beberapa jenis obat akan bekerja dengan maksimal apabila diminum sebelum tidur (hora decubitus), seperti obat demam dan flu.

Pengonsumsian beberapa jenis antibiotik memang dilarang disertai dengan pengonsumsian susu, tetapi untuk obat jenis lainnya, susu akan sangat membantu proses pemulihan tubuh. So drink a milk and you’ll get healthy, eat a chocolate and you’ll get better.

Obat adalah racun, ada baiknya kita menghindari pengonsumsian obat dengan cara peningkatan ketahanan tubuh. Eat and drink more, close your eyes and try to sleep.. it’s gonna be okay…


Responses

  1. I’m not sure where you are getting your information, but good topic. I needs to spend some time learning much more or understanding more. Thanks for magnificent information I was looking for this info for my mission.

  2. It’s an amazing article in favor of all the internet users; they will obtain advantage from it I am sure.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: