Posted by: schariev | October 14, 2012

Pantai Santolo, Karibia dari Garut.

Image

Sejak dulu, pantai selatan Kabupaten Garut terkenal dengan pemandangannya yang sangat indah. Masih minimnya jumlah pengunjung jika dibandingkan dengan pantai lainnya di Jawa Barat, membuat pantai selatan Kabupaten Garut terbilang masih alami dan bersih.

Berbagai bentuk pantai pun bisa ditemui di sejumlah titik di pantai selatan ini. Mulai dari pantai berpasir cokelat dan hitam di Pantai Leuweung Sancang, Kecamatan Cibalong, sampai pantai berpasir putih bersih di Pantai Rancabuaya, Kecamatan Caringin.

Selain dua pantai di ujung barat dan timur pantai selatan Kabupaten Garut ini, terdapat sejumlah pantai lainnya yang menyuguhkan keindahan alam yang tidak kalah cantiknya. Di antaranya Pantai Cijayana di Kecamatan Bungbulang, Pantai Manalusu di Kecamatan Cikelet, serta Pantai Sayang Heulang, Pantai Karang Paranje, dan Pantai Cijeruk Indah di Kecamatan Pameungpeuk.

Namun, dari seluruh pantai di kawasan selatan Kabupaten Garut, pantai yang paling terkenal adalah Pantai Santolo di Kecamatan Cikelet. Pantai ini terletak sekitar 90 kilometer dari pusat Kabupaten Garut atau dapat ditempuh dengan kendaraan selama tiga jam.

Pantai santolo memiliki pasir berwarna putih kecokelatan, menghampar sepanjang Pantai Santolo yang berbentuk setengah lingkaran. Ombaknya relatif kecil, mengundang para pengunjung untuk berenang di pantai ini.

Air lautnya jernih, memantulkan warna biru langit yang membentang di atasnya pada siang hari. Terkadang, pasir pantai yang nyaris berwarna putih di dasar pantai sampai bisa terlihat dengan jelas. Pantai ini relatif sepi pada hari biasa bahkan akhir pekan. Membuat para pengunjung merasa nyaman berjalan-jalan sepanjang Pantai Santolo.

Seorang wisatawan asal Kota Bandung, Vera Andriani (25), mengatakan bisa merasakan ketenangan di Pantai Santolo. Dia bisa berjalan-jalan dengan teman-temannya untuk menikmati keindahan Pantai Santolo tanpa terganggu aktivitas pedagang atau wisatawan lainnya.

“Kalau naik perahu ke tengah laut, terus melihat ke Pantai Santolo, speechless. Air lautnya berwarna biru kehijauan dan jernih, beda sama pantai lainnya. Pasir pantainya luar biasa indah. Kalau saja banyak pohon kelapa di pantainya, bakalan mirip pantai di Karibia,” kata Vera, Sabtu (6/10).

Menghabiskan waktu menjelang matahari terbenam di Pantai Santolo, ujarnya, akan terasa sangat mengagumkan. Menurut Vera yang telah menginap semalam di sekitar pantai tersebut, cahaya matahari senja akan membuat langit dan permukaan lautnya berwarna kemerahan.

“Kalau sore enaknya duduk-duduk sama teman-teman di pantai. Menyaksikan matahari terbenam sambil mendengarkan suara ombak. Suasananya tenang,” kata Vera.

Ujarnya, kawasan Pantai Santolo bisa dibilang seperti pantai yang masih perawan. Dia jarang menemukan sampah di kawasan pantainya. Sayangnya, kata Vera, kawasan penginapan, restoran, dan pertokoan di dekat gerbang pantai tidak tertata rapi. Jalannya pun masih berupa tanah dan sejumlah kios tidak tertata rapi.

Akan lebih baik, ujarnya, kawasan gerbang tersebut ditata ulang sehingga akan menyuguhkan kesan eksklusif, rapi, dan bersih, saat masuk ke kawasan Pantai Santolo.

“Keadaan alam pantainya sangat bagus. Akan sangat disayangkan kalau nantinya malah dibuat kumuh dengan kehadiran pedagang yang berjualan seenaknya. Tidak mustahil kan membuat Pantai Santolo yang bersih dan indah, dilengkapi sarana penginapan, restoran, pertokoan, dan toilet, yang berkelas dan tertata. Seperti di Bali atau bahkan Karibia,” tutur Vera.


Responses

  1. makasih bgt informasinya. itu jalanya udah bagus bneran ya?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: